SEKILAS INFO
Selasa, 28 Mei 2024
  • LazisMu SMK Muhammadiyah 2 Wates menerima donasi melalui Rekening BTN Syariah : 7782004278, CP: Risa Andarwati, S.Pd.I (087735906444)
  • LazisMu SMK Muhammadiyah 2 Wates menerima donasi melalui Rekening BTN Syariah : 7782004278, CP: Risa Andarwati, S.Pd.I (087735906444)
6 Agustus 2017

PWM DIY SOSIALISASI PEMBAHARUAN KURIKULUM ISMUBA

Ming, 6 Agustus 2017 Dibaca 71x Kemuhammadiyahan / Pendidikan

“Pendidikan ISMUBA (Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) merupakan ciri khas pendidikan Muhammadiyah, yang didesain untuk membangun karakter peserta didik. Karena itulah Muhammadiyah terus meningkatkan kualitas dan kuantitas  pembelajaran ISMUBA”, demikian salah satu pikiran penting  disampaikan Ketua PWM DIY Drs. Gita Danu Pranata,  MM.  dalam acara sosialisasai juknis  implementasi kurikulum ISMUBA bagi sekolah/madrasah Muhammadiyah se-DIY. Dalam acara  yang diselenggarakan  majelis Dikdasmen PWM DIY pada hari Selasa (18/7),  di aula gedung PWM DIY.

Di hadapan para kepala SMA, SMK, dan MA Muhammadiyah se-DIY,  serta Majelis Dikdasmen PDM se-DIY, Gita   menghimbau  para peserta sosialisai  untuk memperkuat  tranformasi nilai-nilai ISMUBA untuk penguatan karakter siswa. Untuk hal tersebut, Gita menekankan pentingnya pembelajaran yang kontekstual, berkekuatan, menarik, dan menyenangkan. “Pembelajaran ISMUBA  selalu menekankan permasalahan kontekstual, dan Guru harus selalu menjadi suri tauladan bagi peserta didik” demikian ditekankan  Gita  yang juga dosen UMY.

Hadir  pemateri lain adalah anggota Pimpinan Wilayah Muhammadiyah  DIY,  Dr. Tasman Hamami yang memberikan materi penekanan strategi guru ISMUBA untuk pembelajaran yang lebih kreatif. Menurut Tasman mata pelajaran ISMUBA mulai tahun ajaran 2017/2018 jumlah jam pelajaran menjadi 12 JP perminggu. Sebagai mata pelajaran penguatan karakter, model ISMUBA tidak ditemukan di sekolah-sekolah umum. Untuk mewujudkan pendidikan karakter melalui ISMUBA Tasman berharap para guru melakukan pembelajaran dengan penuh keikhlasan dan dasar keteladanan.

Jumlah jam peajaran ISMUBA yang cukup banyak tersebut, perlu diimbangi dengan pembelajaran yang kreatif  untuk mengembangkan sikap, pengetahuan, dan ketrampilan.  “pembaharuan dalam cara mengajar sangat diperlukan dalam proses mengajar, sehingga peserta didik tertarik untuk selalu belajar ISMUBA”, demikian ditegaskan Tasman yang juga merupakan dosen UIN Sunan Kalijaga.  Dalam acara yang berlangsung sehari penuh tersebut para peserta terlihat antusias dalam melakukan diskusi.

dikutip dari :http://dikdasmenpwmdiy.or.id/perkuat-pendidikan-karakter-pwm-diy-sosialisasi-pembaharuan-kurikulum-ismuba/

Tulisan Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Alamat : Jln. Pahlawan, Nagung, Wates, Kulon Progo,
Yogyakarta
Telp : (0274) 773646 Website : smkmuh2wates.sch.id
Email : smkmuh2wates@gmail.com

Pengumuman

Berita Lalu