SEKILAS INFO
19-01-2022
  • 11 bulan yang lalu / LazisMu SMK Muhammadiyah 2 Wates menerima donasi melalui Rekening BTN Syariah : 7782004278, CP: Rahmaning Putri Fardha, S.Pd.I (087839930787)
  • 11 bulan yang lalu / SMK Muhammadiyah 2 Wates mendapatkan bantuan menjadi SMK CoE dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
  • 11 bulan yang lalu / SMK Muhammadiyah 2 Wates Berpartisipasi Lomba Kreasi Tumpeng dalam rangka HUT ke 1 Dirjen Diksi
Beladiri (Tapak Suci)

Perguruan Seni Beladiri Indonesia TAPAK SUCI , adalah sebuah aliran, perguruan, dan organisasi pencak silat yang merupakan anggota Muhammadiyah sebagai organisasi otonom yang ke-11. TAPAK SUCI berdiri pada tanggal 10 Rabiul Awal 1383 H, atau bertepatan dengan tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Motto dari TAPAK SUCI adalah “Dengan Iman dan Akhlaq saya menjadi kuat, tanpa Iman dan Akhlak saya menjadi lemah”.

Aliran TAPAK SUCI, adalah keilmuan pencak silat yang berlandaskan Al Islam, bersih dari syirik dan menyesatkan, dengan sikap mental dan gerak langkah yang merupakan tindak tanduk kesucian dan mengutamakan Iman dan Akhlak, serta berakar pada aliran Banjaran-Kauman, yang kemudian dikembangkan dengan metodis dan dinamis.

Perguruan TAPAK SUCI, adalah perguruan yang merupakan peleburan sekaligus kelanjutan dari tiga paguron yang pernah ada sebelumnya, yaitu: Kasegu, Seranoman, dan Kauman, berlandaskan Al Islam dan berjiwa ajaran KH. Ahmad Dahlan, membina pencak silat yang berwatak serta berkepribadian Indonesia, melestarikan budaya bangsa yang luhur dan bermoral, serta mengabdikan perguruan untuk perjuangan agama, bangsa, dan negara. Organisasi TAPAK SUCI berkiprah sebagai organisasi pencak silat, berinduk kepada Ikatan Pencak Silat Indonesia dan dalam bidang dakwah pergerakan TAPAK SUCI merupakan pencetak kader Muhammadiyah. Organisasi TAPAK SUCI berkiprah sebagai organisasi pencak silat, berinduk kepada Ikatan Pencak Silat Indonesia dan dalam bidang dakwah pergerakan TAPAK SUCI merupakan pencetak kader Muhammadiyah.

Untuk Ekstrakurikuler Tapak Suci merupakan kegiatan yang memberikan ketrampilan khusus bagi siswa dalam seni bela diri. Layaknya seni bela diri lainnya, seperti Karate, Kungfu dan Jujitsu, disini anak-anak juga dilatih beberapa teknik gerakan melumpuhkan bahkan mematikan, seperti, Jurus Toya, Jurus Kipas, Jurus Pedang, Tangan Kosong, Meringankan Tubuh dan masih banyak lagi. diharapkan bagi anak-anak yang memiliki kecerdasan Kinestik (Gerak) dan Natural (alam), maka akan tepat sekali mereka terlibat di ekskul ini.

Ekstra Kurikuler ini diampu oleh Kak Eva Puspa, salah satu atler Tapak Suci yang pernah berlaga di kejuaraan Nasional

Video Terbaru

Categories

Archives

PENGUNJUNG